Tentang HIMATA Banten Raya

Himpunan Mahasiswa Tangerang ( HIMATA ) Banten Raya adalah sebuah organisasi primordial (kedaerahan) yang berkedudukan Di Banten Raya. Organisasi ini mewadahi mahasiswa dan mahasiswi serta pelajar yang berasal dari Tangerang dalam berkreativitas dan berinovasi, dengan  berparadigma untuk terus berusaha mencetak intlektual muda profesional yang berwawasan luas, dengan berlandaskan ajaran agama, norma, budaya, sains, dan teknologi.
Sebagai civitas HIMATA Banten Raya yang merupakan “Agent Of Control, Agent Of Change and Agent Of Evolution ” baik pada tataran sains, teknologi, budaya, politik, ekonomi, hukum, agama dan sebagainya, dalam realisasinya harus dapat membangun disegala bidang. Untuk itulah HIMATA Banten Raya berperan aktif dalam membangun sumber daya manusia yang produktif guna menyikapi persoalan-persoalan nasional pada umumnya dan kedaerahan Tangerang khususnya.
Dengan berazazkan Pancasila dan bersifat kekeluargaan, HIMATA Banten Raya merupakan  organisasi kedaerahan yang dijadikan oleh putera-puteri daerah Tangerang  sebagai wujud alat pemersatu emosional kekeluargaan yang mempunyai visi dan misi yang kental dengan keberagaman etnis, budaya, social, dan lingkungan. “Dimana Langit Berdiri, Disitu HIMATA  Bernaung”, dengan ungkapan ini, HIMATA Banten Raya akan tetap ada untuk terus menunjukan eksistensinya di organisasi kedaerahan.

B. SEJARAH BERDIRINYA HIMATA BANTEN RAYA.

C. MAKSUD DAN TUJUAN BERDIRINYA HIMATA BANTEN RAYA
HIMATA Banten Raya bermaksud:
1.      Menumbuhkembangkan kesadaran bahwasanya organisasi kedaerahan yang mempunyai tanggung jawab bagi agama, bangsa dan Negara.
2.      Menjalin komunikasi sesama Mahasiswa Tangerang sehingga tercipta rasa kebersamaan dan kekeluargaan.
3.      Dapat mewadahi mahasiswa dan menampung pelajar yang berasal dari Tangerang
HIMATA-Banten Raya bertujuan:
1.       Menggali potensi, bakat, kreativitas dan mengembankan pemikiran serta penalaran mahasiswa dan pelajar yang berasal dari Tangerang.
2.       Menampung, mengarahkan dan menyalurkan kepedulian mahasiswa dan pelajar terhadap persoalan-persoalan social kemasyarakatan.
3.       Memberikan konstribusi untuk pengembangan nasional pada umumnya, Tangerang pada khususnya.
4.    sebagai media komunikasi dan informasi mahasiswa dan pelajar  Tangerang  yang berada di Banten Raya
D. KEANGGOTAAN
      Anggota HIMATA Banten Raya adalah seluruh Mahasiswa/i yang berasal dari daerah Tangerang baik Kota maupun Kabupaten Tangerang yang sedang menempuh studinya di Banten yang terdiri dari beberapa kampus antara lain IAIN “SMH” Banten, Universitas Serang Raya (UNSERA) dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang dari tahun 1998 sampai sekarang. Mahasiswa/i yang terdaftar ataupun yang belum  kurang lebih sebanyak 2000 Mahasiswa/i, dan sebagian telah menyelesaikan studinya dan telah kembali ke Tangerang serta mendedikasikan dirinya dalam berbagai bidang di Tangerang baik Sipil maupun Pemerintah.
E. PROGRAM KEGIATAN HIMATA BANTEN RAYA
  1. Nalar dan Intelektual
Adalah kegiatan yang berada di Bawah naungan bidang NaLeK yang merencanakan, mendesain serta melakuakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan :
1.       terciptanya wawasan berfikir yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah daerah.
2.       Menyelenggarakan kegiatan yang mengarah kepada kegiatan wawasan keintelektualan.
3.       Terciptanya budaya diskusi di Kalangan Mahasiswa Tangerang dan khalayak umum.

  1. Pemberdayaan Aparatur Organisasi
Kegiatan yang dilakuakan oleh bidang PAO adalah berupa mengorganisir dan mengarahkan anggota HIMATA Banten Raya sehingga terciptanya :
1.       anggota HIMATA yang progresif, proporsional, dan militan sesuai dengan profesionalitasnya.
2.       kegiatan upaya menambahkan wawasan organisasi pada pengurus dan anggota.
3.       kegiatan-kegiatan HIMATA di Tangerang.
4.       Jalur Komunikasi Intensif dengan HIMATA Wilayah terhadap dinamika persoalan anggota di tingkat Wilayah.
5.       Mengkoordinir kegiatan-kegiatan HIMATA yang dibawah naungan HIMATA Banten Raya
  1. Minat dan Bakat
Adalah kegiatan yang dilakukan untuk pengembangan kemampuan keterampilan (tata laksana) secara individu dan  kelompok dalam bidang seni dan olahraga, serta tetap terus bertujuan mengeksplorasi minat dan bakat yang berpotensi, seperti :
1.      Menyaring keterampilan kepada anggota guna menyaring, menyeleksi potensi-potensi yang bergerak di bidang seni.
2.      Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan dibidang olahraga yang berakar pada potensi atau hoby anggota
3.      Mengkoordinir dari seluruh anggota Himata Banten Raya yang mempunyai potensi dii bidang olahraga
4.      Mengadakan kegiatan olahraga dan seni yang bersifat kompetitif
  1. Gender
Kegiatan yang di desain dan dilaksanakan oleh bidang Gender dengan bertujuan memberdayakan kemampuan yang dimiliki oleh kader Wanita HIMATA Banten Raya dalam segala bentuk kegiatannya.
  1. Advokasi dan Sosial Politik
Adalah kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan profesi keilmuan yang berhubungan dengan peningkatan wawasan SDM, seperti menyelenggarakan kerja yang dapat memberikan dampak  positif bagi peningkatan kualitas dan kuantitas pada umumnya, dan anggota HIMATA Banten Raya pada khususnya, serta kegiatan-kegiatan yang secara langsung dirasakan oleh Masyarakat Tangerang.
F. HIMATA SE-INDONESIA

            HIMATA adalah salah satu organisasi primordial yang berazazkan Pancasila dan bersifat kekeluargaan dan kebersamaan  yang tersebar di Delapan wilayah se-Indonesia yaitu HIMATA Jakarta Raya, Banten Raya, Bandung Raya, Priangan Timur, Lampung, Yogyakarta, dan Malang. Dan Pimpinan Pusat berkedudukan di Tangerang

Share this

Related Posts

First

1 komentar:

komentar